Sumber Dana Multifinance Sektor Produktif Makin Berkendala

Sumber Dana Multifinance Sektor Produktif Makin Berkendala

Sumber Dana Multifinance Sektor Produktif Makin Berkendala

Para pelaku bank multifinance masih belum bisa tenang ditahun 2018 ini. Pasalnya semakin banyak kendala yang muncul terutama untuk para pelaku multifinance dalam bidang bisnis. Kendala yang terjadi tidak jauh dari masalah pembiayaan yang di seektor produktif. Terutama pembiayaan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terhambat pada penyaluran kreditnya. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier.

Sumber Dana Multifinance Sektor Produktif Makin Berkendala

Tidak jauh dengan keyataan yang telah dipaparkan oleh Suwandi Wiratno yang merupakan ketua Asosiasi Perusahaab Pembiayaan Indonesia (APPI). Dia berkata bahwa tantangan yang paling sulit dihadapi untuk para pelaku usaha multifinance atau pembiayaan yaitu masalah sumber dana. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Sumber pendaan ini masih saja tergantung dari pihak perbankan.

Alasan utama yang mendasari masalah ini karena perbankan itu sendiri lebih tertarik untuk ikut serta membiayai multifinance dalam sektor multiguna. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Usaha yang berkenaan dengan sektor tersebut adalah pembiayaan kredit baik itu kendaraan pribadi, alat berat dan lain sebagainya.

Saat mendapat kesempatan berbincang dengan Suwandi, ia menjelaskan bahwa dana yang disalurkan untuk sektor produktif pada UMKM jumlahnya kalah jauh dari sektor multiguna. Ketimpangan dalam penyaluran dana tersebut mencapai 67%. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Suwandi juga menambahkan bahwa kebanyakan bank lebih memilih untuk membiayai kredit kendaraan pribadi seperti motor tau mobil. Perbincangan berlangsung di jakarta pada tanggal 8 Mei 2018.

Selain dari pada itu pihak bank juga masih memberikan kendala dengan memberikan syarat yang sangat ketat untuk multifinance sektor produktif yang ingin mendapat saluran dana tambahan. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Pasalnya pihak bank itu sendiri tidak ingin merasa tersaingi dalam hal memberikan penyaluran dana kredit kepada UKM.

Persyaratan yang ketat itu membuat para pelaku multifinance harus rela mengambil risiko memberikan penyaluran dana dengan bunga dari kredit dalam jumlah yang tergolong besar untuk nasabah. Hal ini tidak bisa dihindarkan lagi karena penyaluran dana yang terhambat pada ketergantungan pembiayaan yang dilakukan oleh pihak bank. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier.

Suwandi juga menjelaskan bahwa bunga yang tinggi tersebut bisa dikatakan menjadi kekurangan dari multifinance dari pada bank yang memberikan bunga kecil. Namun demikian ia juga menambahkan bahwa keunggulan dari multifinance adalah kemudahan tahap penyaluran dana. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Selain itu multifinance juga tidak memberikan batasan dana seperti yang dilakukan oleh bank yang membatasi hanya sampai rp. 25 juta saja.

Dari fakta yang telah disampaikan diatas jelas sekali bahwa multifinance mengalami kendala yang cukup berat. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki sumber penyaluran dana lain. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier.

Meski demikian Suwandi masih selalu optimis bahwa multifinance bisa memberikan kontribusi positif di tahun 2018 ini nantinya. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier. Ia berkata bahwa suatu saat nanti bisnis multifinance bisa membantu meningkatkan aset mulai dari 8% sampai dengan 10% kedepannya.

Walau ia belum bisa memastikan jalannya bertumbuhan bisa berjalan lancar atau justru semakin lambat. Ia masih berharap bahwa jalannya penyaluran dana untuk multifinance sektor produktif bisa berjalan beriringan atau seimbang dengan sektor-sektor yang lainnya. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier.

Dengan kata lain Suwandi masih mengajak para pelaku multifinance di bidang bisnis untuk tetap optimis dan terus menjalankan usahanya meski memiliki tantangan yang tidak sedikit. Lama kelamaan tantangan tersebut akan berakhir pada waktunya. Yellowfin Tuna Loin & Belly Supplier.

https://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-minta-multifinance-tetap-jaga-kepercayaan-perbankan

http://www.tunaloinsupplier.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *