Kompetisi Perbankan Makin Ketat Harus Segera Berani Berubah

Kompetisi Perbankan Makin Ketat Harus Segera Berani Berubah

Kompetisi Perbankan Makin Ketat Harus Segera Berani Berubah

Kompetisi Perbankan Makin Ketat Harus Segera Berani Berubah

Industri perbankan tingkat nasioanl harus lebih berani menjalankan perubahan, termasuk memiliki inovasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Dengan seperti itu, maka tidak terlindas lalu mati pada era persaingan yang sangat ketat ini. “Kita sendiri tidak bisa berubah dan tidak mampu mengikuti perubahan, dijamin kita mati pelan-pelan. Kita lihat saja, dunia keungangan, dunia perbankan mengalami hal tersebut,” ujar predisen joko widoddo pada seluru pemimpin bank umum indonesia yang pada saat ini berkumpul di istana negara, jakarta pada hari kamis 15 maret 2018.

Lanjut presiden, bahwa industri jasa keuangan untuk saat ini sepenuhnya sangat terbuka dan persaingannya bukan dalam satu negara saja, namun juga sudah masuk di negara yang lain. “Orang bisa mengambil kredit, buku tabungannya di mana-mana di era saat ini. Seperti, orang terbang di negara singapura hanya sekitar satu jam lebih dan orang buka rekening sangatlah mudah, pinjang juga mudah. Oleh sebab itu, kita tidak memiliki pilihan, kke depan tidak memiliki pilihan, kita haruslah terbuka,” kata bapak presiden.

Presiden juga menyatakan bahwa persiangan dengan bank asing tidak mampu dicegah, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. “Ya, semuanya haruslah siap. Maka dari itu, saya sangat wanti-wanti kepada seluruh bank nasional kita untuk berhati-hati, sebab persaingan saat ini sangatlah sengit dari tahu ke tahun,” ungkapnya.

Presiden tidak lupa mengingatkan bahwa persiangan bukan hanya dari sisi perbankan saja, namun dengan lembaga keuangan yang lain pastinya terjadi.

Kepala negara dan kepala pemerintahan republik indonesia itu mencontohkkan perusahaan dari tiongko yaitu alibaba di tahun 2013 sudah meluncurkkan produk tabungan Yu’e Bao. “Pada saat ini bank-bvank konvensional di negara tiongkok tenang saja, namun dalam jangka waktu empat tahun, yang namanya yu’e bao ini sangatlah melejit di produk tabungan paling besar di dunia,” ujar presiden.

Baca artikel kami mengenai: lembaga filantropi berencana pindahkan akun ke perbankan syariah

Maka dari itu, presiden selalu mengingatkan untuk berhati-hati dengan fenomena yang semacam itu sebab akan menjadi suatu ancaman dan menjadi pesaing utama bukan lagi saingan biasa.

Presiden juga mengatakan bahwa produk Yu’e Bao saat ini berhasil mengelola dana kurang lebih 160 miliar dolar amerika serikat yang sudah melampaui JP morgan yang masih mengelila 150 miliar dolar saja.

Dengan keberhasilan produk itu karena alibab memasukkan Yu’e Bao pada suatu aplikasi mobilenya yang langsung diintegrasikan dengan Alipay yaitu suatu sistem pembayaan perusahaan ritel online yang berasal dari tiongkok itu. “Hal inilah yang sangat perlu kita ikuti perubahan tenologinya. Kadang setiap hari kita merasa dikagetkan dengan perubahan teknologi yang begitu cepatnya,” kata bapak presiden.

Presiden joko widodo juga mengatakan inovasi dan selalu mengikuti perubahan harus disadari betul supaya dunia perbankan skala nasional mampu bersaing. “Saya mengajak beberapa inovasi yang semacam ini perlu kita siapkan, kita cari, kita pakai untuk lebih meningkatkan dunia perbankan, dunia keuangan kita,” demikianlah presiden joko widodo mengatakan.

Memang dunia perbankan dunia selalu membuat inovasi dan memberi satu bentuk motivasi kepada perbankan di beberapa negara. Sehingga dengan adanya perbankan yang maju dan berkembang dengan pemaparan presiden jokowi di atas bisa membuat perbankan indonesia lebih memberi dorongan untuk lebih berkembang dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Semua yang berbau perbankan perlu diubah begitu pun dengan lembaga keuangan nasional yang ada saat ini.

Baca juga: percepat migrasi kartu debit pakai chip bi terus desak pelaku perbankan

Sumber: http://www.beritamoneter.com/harus-berani-berubah-kompetisi-perbankan-makin-ketat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *