About

Sekilas Bank Akita

Perjalanan panjang Bank Akita sejak di dirikan pada tanggal 17 Juli 1990 telah menjadikan Bank Akita sebagai Bank yang memiliki kontribusi penting dalam melakukan intermediasi di bidang perbankan. Sebagai salah satu Bank Swasta nasional non devisa di Indonesia, Bank Akita memiliki asset sebesar Rp.714.393 Milyar, yang di dukung 10 (sepuluh) jaringan kantor cabang, cabang pembantu dan kantor kas, termasuk 3 kantor cabang/cabang pembantu di luar Jakarta (Surabaya dan Bandung)

Pada akhir tahun 2005, Bank Akita memiliki 265 orang karyawan, dengan struktur pendidikan sarjana sebesar 42%, diploma/sarjana muda sebesar 29%, dan non diploma sebesar 29%. Bank Akita berupaya secara terencana dan berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Selama kurun waktu tersebut, Bank akita terus menerus melakukan langkah-langkah perbaikan, pembaruan dan pengembangan di segala bidang sejalan dengan tuntutan dan perkembangan pasar serta stakeholder-nya. Sebagai bukti kepedulian terhadap berbagai tuntutan diatas, pada tahun 2005 Bank Akita antara lain telah menambah modal disetor sebesar Rp. 10 milyar, sehingga total modal disetor sampai dengan akhir tahun 2005 sebesar Rp.92,5 milyar. Pada tahun 2005 Bank Akita kembali menerima penghargaan dari Infobank Awards, yang menempatkan Bank Akita sebagai salah satu bank dengan penilaian “Sangat Bagus” atas kinerja keuangan tahun 2004. Bank Akita juga telah menunjukan komitmennya sebagai salah satu bank yang dikelola oleh manajemen secara profesional dan konsisten serta mendasarkan pada prinsip prudential banking (prinsip kehati-hatian) dalam menjalankan usaha di bidang jasa perbankan.

Untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan usaha dan perubahan kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa keuangan, Bank Akita senantiasa melakukan penyesuaian atas produk dan jasa yang ditawarkan untuk memberikan value yang lebih baik. Untuk tahun 2006, sesuai dengan rencana ekspansi yang telah di proyeksikan, Bank Akita akan menyempurnakan sistem dan mekanisme penyaluran kredit untuk sektor kendaraan bermotor. Selain itu Bank Akita juga berencana untuk mengeluarkan produk ATM dan terus melakukan pengembangan teknologi, baik secara mandiri maupun dengan cara outsourcing.

Sejalan dengan kinerja yang telah di capai oleh kantor cabang, maka untuk mengoptimalkan hal tersebut, pada tahun 2005 Bank Akita telah merelokasi Kantor Cabang Pembantu Jelambar ke daerah Taman Duta Mas. Pada tahun 2006 Bank Akita juga merencanakan untuk merelokasi Kantor Kas Atrium ke lokasi lain yang lebih strategis. Selain itu, seiring dengan semakin meningkatnya persaingan antar bank serta prospek usaha di beberapa wilayah, maka Bank Akita bermaksud untuk meningkatkan status Kantor Cabang Pembantu di wilayah tersebut menjadi Kantor Cabang penuh.

Total asset Bank Akita meningkat sebesar 32,34 % yang hal ini terutama di dorong oleh adanya peningkatan dana pihak ketiga terutama deposito sebesar 52,94 % serta adanya peningkatan kredit yang di salurkan sebesar 42,30 %

Pada bulan November 2005 telah dilakukan penambahan modal disetor sebesar Rp.10 milyar.